memulai lagi menulis di blog



Tarian Papua/Zakki Amali
Menulis berita straight news, feature, atau indeep news telah menjadi rutinitas yang dibatasi space, terkadang tak leluasa. Tak bisa mengekspresikan dengan bahasa yang kadang nakal dan di luar pakem jurnalistik. Menulis kembali di blog sepertinya asik untuk pelepasan kepenatan atau kejenuhan dari rutinitas, selain untuk mengejar syarat beberapa lomba yang sayang dilewatkan. Blog yang sebelumnya hanya saya jadikan pajangan dari artikel-esai yang pernah termuat di media massa ingin saya dihidupkan lagi. Setahun dua tahun penuh 2011 dan 2012 tak pernah sekalipun memposting tulisan, meski stok cerita dan peristiwa menarik selalu tersedia.
saya sadar fungsi blog ini bisa mendukung teknik jurnalisme multimedia yang menggabungkan unsur tulis, gambar, dan video. Tapi untuk membuat video serta editingnya masih perlu belajar lagi.
beberapa isi blog bisa jadi akan “mengunyah” kembali peristiwa yang pernah saya tulis atau ditulis orang lain. Bisa jadi hanya postingan untuk keperluan lomba. Atau hanya menempel artikel/berita yang pernah ada di media massa.
yah, inginnya sederhana hanya menulis dan ditujukan untuk orang banyak atau pihak lain yang punya kepentingan. dan sesekali “onani”, menulis untuk kesenangan sendiri yang kadang tak semua orang ingin membacanya.

Komentar